28 Februari 2012

DUNIA BUNGA FLORIST



LOVSONG



BUNGA BULAN **

Sahabat Blogger. Jika dalam dunia astrologi dikenal Bulan memiliki Zodiac, maka dalam dunia Florist, Bulanpun dikenal memiliki Bunga (Flower). Dan dibalik keindahan bunga terkadang terselip kisah yang menarik untuk diketahui.  Penasaran ?, inilah dia :


JANUARI = ANYELIR

Bunga Anyelir (Carnation - Dianthus Caryphyllus ).
Bunga Anyelir diperuntukkan bagi bulan Januari. Bunga yang dasarnya berwarna merah dewasa ini telah tampil dengan warna-warni beragam. Bunga Anyelir mewakili kebanggaan, kecantikan, kekaguman dan kedalaman. Telah dibudidayakan selama lebih dari 2000 tahun. 

Konon Bunga ini berasal dari kawasan Mediterania, Carnation berasal dari kata Yunani - Coronation, yang berarti Upacara pemberian tahta kerajaan. Legenda Yunani mengisahkan bahwa bunga ini adalah penjelamaan Dewa-Dewi.

Karena bentuk dan warnanya yang indah, Bunga ini amat akrab dengan kehidupan masyarakat Spanyol. Dalam keseharian Bunga ini sering digunakan sebagai hiasan dalam berbagai kesempatan, seperti, Perayaan Hari Istimewa seperti : Hari Natal, Hari Pernikahan, Hari Ibu, Parents Day, dll. Sering diselipkan ditelinga gadis–gadis dalam berbagai acara terutama tari–tarian, serta untuk menyatakan rasa cinta dan kasih sayang. Saking favoritnya, akhirnya Bunga ini dijadikan Bunga Nasional Spanyol.

FEBRUARI = AIRIS 

Bunga Airis (Iris - Irish Germanica).
Bunga Airis diperuntukan bagi bulan Pebruari. Dengan warna ungu dan batang yang khas, Bunga ini mewakili keyakinan dan kebijaksanaan, banyak dibudidayakan di berbagai belahan bumi di seluruh dunia, karena Bunga ini termasuk salah-satu bunga yang dapat hidup lebih dari 2 tahun dan dapat tumbuh di darat maupun di air.

Iris dalam bahasa Yunani berarti Pelangi, berasal dari nama Dewa Yunani yang bertugas menyampaikan pesan ke bumi. Keindahan Bunga Airis menginspirasi Vincent van Gogh untuk melukis "The Irish Flowers" (pernah menjadi lukisan termahal di dunia) menjelang akhir hidupnya pada Tahun 1890 di R.S. Jiwa Saint Paul de Mausole, Perancis.

MARET = NARSIS

Bunga Narsis (Narciss-Narcissus Juncifollius).
Bunga Narsis atau Daffodil diperuntukan bagi bulan Maret. Tumbuhan ini berasal dari Eropa, dan dijadikan Bunga Nasional Wales. Konon menurut legenda Yunani, nama Narsis berasal dari kata Narcissus, seorang pemuda yang sangat tampan, sehingga Peri Hutan yang bernama Echo jatuh cinta namun ditolak mentah-mentah secara kasar. Akibatnya Peri Echo patah hati dan sedih tak berkesudahan. Dewi Nemesis pun lantas berniat menghukum Narcissus.

Suatu waktu Narcissus berjalan dihutan, Dia menjumpai sebuah danau yang sangat indah, airnya tenang bak cermin, disana Ia melihat seseorang yang amat mempesona (Ia tak menyadari bahwa itu adalah bayangan dirinya sendiri) dan, jatuh cinta !..... Saat itulah kutukan Dewi Nemesis datang, tiba-tiba Dia menghilang begitu saja, dan di tempat itu tumbuh bunga yang berwarna emas, yang diberi nama Narcis.

Keindahan bunga Narsis atau Daffodil ternyata banyak menginspirasi orang untuk berkarya, salah satunya adalah penyair legendaris asal Inggris yang bernama William Wordsworth, yang terkenal karena puisi klasiknya yang berjudul "Daffodils" yang dipublikasikan Tahun 1804.

APRIL = DEISI

Bunga Deisi  (Daisy - Bellis Perennis).
Bunga Deisi diperuntukan bagi bulan April. Menurut legenda, Deisi berasal dari seorang Peri yang berubah menjadi bunga liar yang anggun tapi tak menawan agar tak terusik. Orang Prancis menjuluki bunga ini Mutiara. Marquerite penemu nama bunga Deisi bilang bahwa dalam bahasa Yunani, Daisy adalah "pearl". Namun orang Inggris menjulukinya "Day’s Eye", (matanya hari). Karena kelopak bunga Deisi akan terbuka ketika matahari terbit dan menutup ketika matahari tenggelam.

Bunga Deisi mewakili Rasa Cinta, Kegembiraan dan keceriaan kanak-kanak yang abadi, Keberuntungan musim semi dan Jiwa muda selamanya. Bunga Deisi merupakan tumbuhan asli dari Benua Eropa. Dahulu Deisi biasanya dipakai oleh para Pria untuk meminang/melamar Gadis pujaan hatinya. Setelah cincin tunangan dilingkarkan ke jari masing-masing maka sang Gadis akan mengenakan Bunga Deisi sebagai respon "Ya, saya terima". Bunga ini diperkirakan mencapai 10 persen dari semua tumbuhan berbunga di bumi ini.

MEI = BAKUNG

Bunga Bakung atau Lili (Lily - Lilium Asiaticum).
Bunga Bakung atau Lili adalah bunga untuk bulan Mei. Bunga ini sesungguhnya bunga musim panas yang biasa dipakai orang untuk menghias taman karena kecantikan dan keharumannya. Mereka selalu ditunggu-tunggu oleh para tukang kebun, kehadirannya di taman sering dihormati sebagai "Ratu kebun". Ada ungkapan bahwa bunga Lili adalah perhiasan Taman surgawi.

Menurut legenda Yunani, konon bunga Lily berasal dari tetesan air susu Dewi Hera (Istri Dewa Zeus) yang jatuh menetes ke bumi dan tumbuh menjadi bunga Lily putih yang anggun. Selanjutnya dalam mitologi Romawi dikisahkan bahwa pada saat Dewi Venus (Dewi Kecantikan) meniti buih lautan Ia melihat setangkai bunga Lily putih bersih yang cantik nan anggun.

Dewi Venus merasa tak senang, karena ternyata ada yang menyaingi kecantikan dan keanggunannya, Venus lantas memercikan warna kuning pada putik bunga, dengan maksud menodai keputihannya, namun dengan putik kuning Lily lebih memancarkan pesona. Kini bunga Lily telah tersebar keleluruh belahan dunia, Bahkan di Inggris kepopuleran Lily mengalahkan Mawar, tak heran mendiang Lady Diana pun menjadikannya sebagai bunga kesayangan.

JUNI = MAWAR

Bunga Mawar (Rose - Rosaceaea).
Bunga Mawar adalah bunga untuk bulan Juni. Bunga dengan warna dasar scarlet (merah menyala) inilah lambang sejati dari Cinta. Konon Dewi Aphrodite (Dewi Kecantikan Yunani) mempersembahkan Mawar merah kepada Dewa Eros (Dewa Asmara), demikian juga halnya Ratu Mesir, Cleopatra memenuhi kamar dengan mawar merah untuk menyambut Mark Anthony (Jendral Romawi penakluk Mesir).

Tumbuhan perdu berduri yang menghasilkan bunga yang luar biasa indah amat tersohor keseluruh dunia. Terdapat beberapa industri yang menggunakan bunga Mawar sebagai bahan dasar (terutama parfum). Banyak pula Seniman dan Sastrawan dunia menghasilkan karya besar karena terinspirasi Mawar. Tak sedikit pula organisasi yang menggunakannya sebagai Nama dan logo, Seperti Klub Sepakb0la Inggris - Blackburn Rovers, Grup Music Rock – Gun n Roses, Bahkan Negara Bagian USA – Pasadenna, menyelenggarakan Festifal Tahunan Mawar, Tournamen of Roses. Kini banyak negara menjadikan Mawar sebagai Bunga Nasional.

Dalam legenda Romawi dikisahkan seorang gadis yang sangat cantik bernama Rhodanthe, kecantikannya mempesona seluruh pria, sehingga mereka mengejar Rhodanthe tanpa henti. Lelah dengan semua itu, Rhodanthe lari berlindung ke Kuil  Dewi Diana (Dewi Bulan dan Wanita). Sayangnya, Diana cemburu dengan kecantikan Rhodanthe, sehingga ketika para pria itu menemukannya dan masuk sambil merusak kuil untuk mendekati Rhodanthe, bangkitlah amarah Diana. Diana lantas mengutuk Rhodanthe menjadi Mawar Merah, dan para pria tersebut menjadi duri pada ditangkai bunga. 

JULI = LAKSPUR

Bunga Lakspur (Delphinum - Delphinium Sp).
Bunga Lakspur adalah bunga untuk bulan Juli. Bunga dengan warna dasar biru melambangkan hati yang terbuka dan keterikatan. Mencerminkan juga perasaan tanpa beban, bunga kelahiran musim panas ini mengungkapkan kecantikan alami yang khas.  
        
Nama bunga ini berasal dari bahasa Yunani "Delphis" yang berarti lumba-lumba. Penduduk asli Amerika dan Eropa memakai bunga ini sebagai pewarna biru. Bunga ini dipercayai mempunyai khasiat untuk mengusir kalajengking. Bunga yang subur dan berbentuk seperti lumba-lumba ini merupakan simbol dari hati yang terbuka. 

AGUSTUS = GLADIOLA

Bunga Gladiola (Gladioll - Gladiollus Gandavendiss).
Bunga Gladiola adalah bunga untuk bulan Agustus. tanaman ini berasal dari Afrika selatan dan sebagian kecil spesis lainnya berasal dari Eurasia. Nama bunga ini berasal dari kata latin Gladius, artinya pedang. Pedang yang dipakai oleh para Gladiator Romawi untuk bertarung.

Nama ini disandangkan karena kelopak bunganya sebelum merekah bentuknya runcing (lancip) dan cemerlang, itu dianggap mirip dengan gladius. Akan tetapi walau batangnya mengingatkan pada para Gladiator Roma, namun bunganya yang romantis mampu meluluhkan dan menaklukan hati dengan kecantikannya.

SEPTEMBER = ASTER

Bunga Aster (Aster - Callistepus Chinensis).
Bunga Aster adalah bunga untuk bulan September. Tanaman ini berasal dari Yunani. Nama Aster dalam bahasa Yunani berarti "Bintang". Sebab bentuknya seperti bintang-bintang di langit. Aster dapat ditemukan di seluruh permukaan bumi dan hidup di berbagai cuaca dari tropik hingga cuaca dingin di belahan dunia bagian utara.

Istilah Aster digunakan hampir diseluruh dunia, banyak negara menyebut Aster sesuai istilah aslinya. Sebut saja seperti Perancis, Belanda, Inggris dan Spanyol, semuanya tetap menggunakan istilah  "Aster". Bunga Aster terkenal dengan keindahan dan kecantikannya, bunga Aster melambangkan kesetiaan, tanda kelahiran. Bahkan sering juga dipakai untuk perayaan ulang tahun pernikahan yang abadi. 

OKTOBER = MERIGOL

Bunga Merigol (Marygold - Callendula Officinalis).
Bunga Merigol adalah bunga untuk bulan Oktober. Tanaman ini berasal dari Mexico dan Amerika Latin. Jika menilik daerah asal, maka bunga ini amat gemar mandi sinar matahari, Ia membutuhkan kurang lebih 12 jam sehari berada di bawah sinar matahari.

Marigol masih satu "keluarga" dengan Daisy. Bentuk bunganya gemuk membulat, dengan kelopak yang saling tumpuk. Warna bunganya didominasi kuning dan oranye cerah. Warna "menyala" inilah yang kemudian banyak menggoda orang, untuk menanam Marigol di taman mereka.

Bukan hanya manusia, kupu-kupu pun tergoda mendekatinya. Selain warna, wangi bunga asal Meksiko dan Amerika Selatan ini pun semerbak. Tak heran banyak produsen minyak wangi mengambil sari (essence) bunga Marigol untuk produk mereka.

NOVEMBER = SERUNI

Bunga Seruni / Krisan (Crysant - Chrysanteum Morifol).
Bunga Seruni adalah bunga untuk bulan Novembar. Seruni atau Krisan merupakan tanaman perdu berasal dari dataran China yang disebarkan ke Jepang. Konon pada tahun 400 Seorang Rahib diutus untuk mempersembahkan bunga ini kepada Kaisar Jepang. Orang Jepang amat mengagumi bunga ini, mereka berpandangan bahwa kelopaknya yang tak berlipat mencerminkan kesempurnaan, bahkan Confusius menyarankan bunga ini digunakan sebagai objek meditasi.

Sejak saat itu Seruni mulai dibudidayakan di Jepang. Pada tahun 797 bunga Krisan dijadikan sebagai simbol Kaisar Jepang dengan sebutan Queen of The East. Dari China dan Jepang, Krisan menyebar ke kawasan Eropa dan Amerika.

DESEMBER = KASTUBA

Bunga Kastuba (Poinsettia - Euphorbia Pulchorbiaceae).
Bunga Kastuba adalah bunga untuk bulan Desember. Tanaman ini berasal dari Mexico dan negara-negara Amerika Tengah. Pada tahun 1825 Bunga ini dibawa ke USA oleh Joel Robert Poinsett (Duta Besar USA untuk Mexico - sehingga selanjutnya tanaman hias ini diberi nama Poinsettia mengikuti last name dari Pak Duta Besar itu).

Berbeda dengan bunga pada umumnya, daya tarik Kastuba bukanlah pada bunganya, melainkan pada warna daun. Daun muda berwarna merah menyala, setelah tua warna daunnya akan menjadi hijau. Sebuah paduan warna indah, yang menyiratkan kegembiraan dan keceriaan Natal Desember. 

Semula tanaman ini adalah tanaman liar yang tak berarti, namun kini telah menjelma sebagai bunga Natal. Konon menurut cerita rakyat Mexico, dahulu ada seorang Gadis kecil dari keluarga tidak mampu ingin memberikan persembahan bagi Tuhan dimalam natal, namun Ia tak memiliki sesuatu yang berharga, dengan hati tulus Gadis kecil itu memetik bunga liar dan meletakannya di Altar Gereja sebagai persembahan. Dan ajaib, daun muda tanaman liar itu berubah warna menjadi  warna scarlet (merah menyala).

*****

** Disarikan dari berbagai Sumber.

Tidak ada komentar:

FOLLOWER