22 Februari 2013

DUNIA MUSIK




ROCK CORNER


********************************

 MAKNA DIBALIK LOGO **

Salah satu pernik menarik dari sebuah Grup Band Rock adalah Logo, sebuah symbol yang mewakili karakter Band tersebut. Demikian juga halnya dengan Grup Music Cadas (Rock Music), hampir semua Grup Music memiliki Logo. Yuk kita simak beberapa diantaranya sebagai berikut  : 


THE BEATLES

Logo The Beatles terkesan sederhana, hanya bermodalkan tulisan nama grup band dengan sentuhan modifikasi pada huruf T yang kakinya sedikit melorot kebawah. Logo ini tanpa sengaja didesain oleh Ivor Arbiter, pemilik toko musik ”Drum City”. Suatu hari Ivor kedatangan Brian Epstein (Manager) dan Ringo Star (Drummer) untuk mencari seperangkat perlengkapan drum Ringo (merk Premier), namun rupanya Ringo malah tertarik dengan drum pajangan yang ada diruangan kerja Ivor bermerk Ludwig.


Semula Epstain menolak membelinya karena harganya dirasa kemahalan, akhirnya mereka bernegosiasi, hasilnya mereka setuju untuk membarter drum dimaksud. Ketika Epstein secara iseng mengatakan bagusnya logo Beatles diletakkan pada bagian bass drum, Ivor pun secara spontan membuat sketsa diatas secarik kertas, dan segera memanggil Eddie Stokes (Pelukis reklame) untuk menyempurnakan sekaligus membuatnya di bass drum dimaksud, tak dinyana logo ini malah melegenda hingga saat ini. 

******

ROLLING STONES

Logo ROLLING STONES berupa Bibir dan Lidah Menjulur, didesain oleh John Pasche seorang pelajar sekolah seni di London pada tahun 1971. Ditawari langsung oleh Mick Jagger untuk mendisain logo berdasarkan gambar Dewi Kali yang menjulurkan lidah. Namun karena pembayarannya dicicil, Pasche pun iseng membuat sketsa hanyalah bagian mulut saja, yaitu : Bibir dan Lidah yang menjulur. Agar lebih identik dengan RS, terutama Mick Jagger (Vocalis) yang memang dower, maka bagian bibirnya ditebalkan. Akhirnya logo ini diresmikan pertama kali melalui album Sticky Fingers.


Menurut Phak Rolling Stones, Secara umum, Bibir dan Lidah menjulur berarti  : Semangat muda, Kesegaran, Provokasi, Nafsu, Anti kemapanan, dan Anti perang. Namun masyarakat umum mengartikannya bahwa Logo Bibir Dower dan Lidah menjulur itu, adalah mulut milik Mick Jagger, yang amat identik dengan seksual.

*****

QUEEN

Logo QUEEN tergolong logo terkreatif, menggambarkan karakter dari ke 4 personilnya. Logo terdiri dari : Burung Phoenix dengan sayap setengah terbuka sebagai latar belakang. Didepannya Huruf Q yang diatasnya terdapat Kepiting dan didalamnya terletak Mahkota Raja. 2 ekor Singa berdiri mengapit Huruf Q, dan dibawahnya, duduk 2 Bidadari yang juga mengapit Huruf Q.
Logo ini didesain oleh Freddy Mercury (sang Vocalis) pada tahun 1970, yang merupakan gabungan zodiac dari ke 4 Personil Queen : 
  1. Freddy Mercury berzodiak Virgo (2 Bidadari);
  2. Brian May berzodiak Cancer (Kepiting);
  3. Roger Taylor berzodiak Leo (Singa) dan;
  4. John Deacon berzodiak Leo (Singa). 

Itulah sebabnya banyak pihak yang mengatakan bahwa logo Queen adalah logo yang terbaik, betul-betul menggambarkan personil Bandnya secara utuh. 

*****


VAN HALEN

Logo VAN HALEN merupakan logo yang paling simple, hanya bermodalkan inisial dari nama grup band, huruf  VH diberi sayap pada kedua sisi inisial. Logo VAN HALEN, yang simple namun elegan ini, didesain oleh Dave Bhang pada tahun 1978 dan diperkenalkan melalui album Van Hallen II. 


*****


KISS

Logo KISS termasuk yang sederhana, hanya berupa tulisan nama grup band mereka, dengan sedikit modifikasi pada 2 huruf S berbentuk kilat (Logo yang juga dipakai oleh Tentara SS – NAZI). Logo ini didesain oleh Ace Frehley (sang Vocalis merangkap Gitaris) pada tahun 1973 dan diperkenalkan pertama kali melalui album Hotter Than Hell.

Frehley mengaku bahwa mereka berambisi untuk menaklukkan dan menguasai dunia musik, sebagaimana Fuhrer Nazi (Hitler) menguasai dunia, oleh karena itu mereka menyisipkan simbol tentara SS Nazi pada logo mereka.


Selain melalui logo, grup band KISS juga dikenal dari make-up wajah yang unik serta dandanan pakaian nan futuristik, sehingga tampilan personilnya menjadi garang bak monster dari luar angkasa. 

*****

GUNS N ROSES

Logo GUNS N ROSES, kemungkinan merupakan logo yang terindah dan takkan mudah dilupakan oleh penggemar musik dunia. Logo yang didesain oleh Slash  (Gitaris), diperkenalkan pertama kali melalui album Live Like Suicide. Logo yang terdiri dari 2 buah Pistol yang dilingkari oleh 2 buah bunga Mawar, benar-benar sempurna, dirancang  dengan brilian dan merepresentasikan nama band itu sendiri. Dua pistol yang diikat oleh mawar merah terlihat sangat indah.



Keindahannya masih ditambahi dengan lingkaran emas metalik yang menarik mata. Rasanya logo ini pantas dijadikan nominasi logo band terbaik.

*****
** Disarikan dari berbagai Sumber.

Tidak ada komentar:

FOLLOWER