8 April 2012

DUNIA OTOMOTIF


MAKNA  DIBALIK  ICON**

Sobat Blogger, salah satu ciri khas yang cukup menarik perhatian dari mobil, adalah Icon yang melekat pada body luar kendaraan, baik didepan, samping atau belakang. Icon dapat berupa Logo atau Mascot atau keduanya. Inilah beberapa diantaranya  :

ROLLS ROYCE

Inilah sedan yang paling exclusive didunia dan yang kesohor sebagai Mobil Kerajaan. Maklum selain jumlahnya memang terbatas, hampir semua Raja, Ratu dan Sultan berbagai negara menggunakannya sebagai kendaraan resminya. Selain Raja2, mobil inipun hanya dimiliki oleh segelintir kaum Jet-Set dan Selebritis kelas dunia saja, itulah Sedan Rolls Royce yang diproduksi oleh Pabrikan ROLLS-ROYCE dengan Icon,  Mascot : Flying Lady, Logo : RR.

Konon, pemakaian mascot Flying Lady (nama resminya Spirit of Ecstasy) yang diletakkan pada kap mesin, berawal dari ulah iseng Lord Montagu (pemilik majalah Beaulieu, majalah otomotif pertama di London). Montagu yang tengah kasmaran pada nona cantik Eleanor Thorton (Sekretaris di Perusahaan Rolls Royce) menghubungi Charles Skyes (Pemahat Patung) untuk membuatkan sebuah mascot perak yang akan dipasang dimobilnya.

Pada tahun pertama produksi mobil Rolls Royce, belum ada logo yang terpasang, Lord Montagu secara iseng menawarkan Patung Perak Flying Ladynya untuk dipasang pada Rolls Royce sebagai mascot (padahal ini adalah trik untuk menarik perhatian nona Eleanor). Dan tak disangka Charles Rolls dan Henry Royce (Pemilik Rolls-Royce) menyetujui ide iseng ini.



Tahun 1911 Silver Flying Lady mulai terpasang hanya pada beberapa seri tertentu saja, namun sejak tahun 1920 akhirnya semua mobil produksi Rolls Royce secara resmi menyandang Silver Flying Lady sebagai mascot. Setelah beberapa tahun kemudian barulah logo RR yang merupakan inisial Rolls Royce tercipta.



FERRARI

Tak ada Sedan Sport yang begitu popular dikalangan kaum Muda Jet-Set, selain  Ferrari, yang memang amat identik dengan hal : Kecepatan, Kemewahan dan Warna Scarlet (merah menyala). Sedan Sport produksi Pabrikan SCUDERIA FERRARI, memang dirancang untuk maksud itu, guna mewujudkan impian muda sang pemilik, Enzo Ferrari yang masa mudanya hobi balap mobil. Enzo muda yang kebetulan menyukai warna scarlet, terobsesi untuk memiliki sebuah mobil balap yang cepat, elegan namun macho.


Adapun logo Cavalino Rampante (kuda jingkrak)konon berasal dari emblem seorang Pilot tempur Italy yang gugur dalam Perang Dunia II, dialah Pilot Fransesco Baracca. Untuk mengenangnya Orang tuanya menyimpan logo dimaksud. Selanjutnya logo dimaksud diberikan kepada Enzo Ferrari, yang memasangnya pada mobil balapnya - Alfa Romeo.

Setelah Pabrikan Scuderia Ferrari menghasilkan mobil sendiri, Enzo memutuskan untuk memasang Kuda Jingkrak (yang sudah disempurnakan) pada semua mobil produksinya, kini dunia mengenal FERRARI, selain dengan warna scarletnya, juga sang logo Cavalino Rampante.



MERCEDES BENZ

Tak dapat disangkal inilah mobil mewah yang paling populer, selain itu, sedan Mercy amat identik sebagai Mobil Kenegaraan, sebab banyak negara yang menggunakannya sebagai kendaraan resmi kenegaraan, baik untuk Kepala Negara, Kepala Pemerintahan, juga untuk mengantar-jemput tamu2 negara.  

Nama mobil produk Pabrikan DAIMLER-BENZ (milik Gottlieb Daimler dan Karl Benz) ini berasal dari ide Emil Jellinek, seorang pengusaha otomotif Austria, yang pernah ikut balapan memakai kendaraan produk DMG - milik Gottlieb Daimler, dengan menggunakan Nama  Tim :  Mercedes, yang diambil dari nama putrinya.  

Sedangkan logo Bintang Segitiga, berasal dari Paul dan Adolf Daimler  (Putra Gottlieb Daimler). Mereka teringat dahulu semasa ayah mereka masih hidup, menggunakan bintang sebagai lambang pribadi. Konon ini dimulai ketika ayah mereka  masih bekerja pada perusahaan Gas Deutz. Gottlieb menandai rumah mereka dengan sebuah bintang yang diilhami dari kartu pos, sambil berkata kepada istrinya bahwa suatu hari nanti, kelak Bintang ini akan bersinar terang diatas pabrik sendiri.


Akhirnya pada tahun 1910 Bintang Segitiga (yang melambangkan ambisi Daimler-Benz untuk mendominasi : Darat, Laut dan Udara) secara resmi dipasang menghiasi semua mobil produk Daimler-Benz.  Kini Mercy telah menjelma sebagai kendaraan prestisius, karena selain digunakan sebagai kendaraan Resmi Kenegaraan, juga menjadi simbol status Pengusaha kelas atas, serta  Acara2 bergengsi lainnya, seperti ajang  Balap Mobil Formula One - F 1, Mercy dipakai sebagai Safety Car (Mobil Pemandu Balapan).



BMW

Popularitas Sedan buatan pabrikan BMW (Bayerische Motoren Werke) ini sepertinya ditakdirkan mendampingi Mercedes Benz. Lihat saja Kendaraan resmi kenegaraan, banyak Negara yang menggunakan Sedan Mercedes Benz melengkapinya dengan Sedan BMW.  Jika Mercy digunakan oleh para Pengusaha sukses berumur matang, BMW digunakan oleh para Executif muda sebagai tunggangan pilihan. Jika Sedan Mercy digunakan sebagai Safety Car pada ajang balap mobil Formula One,  Sedan BMW digunakan sebagai Safety Car pada ajang balap motor Grand Prix (Motor - GP) dan seterusnya.

Logo BMW termasuk yang menarik perhatian, berwujud lingkaran yang terbagi empat bidang dengan warna : Putih – Biru Langit, selang-seling - yang mengandung maksud sebagai lambang : Baling-baling pesawat yang berputar di langit biru. Simbol itu relevan dengan sejarah BMW sebagai pemasok utama mesin pesawat terbang selama Perang Dunia I.


Selain itu Bendera Negara Bagian Bavaria (Bayer sebutan lain Bavaria, markas Pabrikan BMW) bermotif kotak-kotak (seperti papan catur) dengan warna : Putih – Biru Langit, secara selang seling, kemungkinan juga menjadi inspirasi logo, itulah sebabnya dunia mengenal BMW sebagai Bavarian Motor Works (dalam laval Inggris).

Selanjutnya jika kita perhatikan bentuk grill ventilasi angin untuk pendingin radiator dan mesin yang terletak didepan moncong mobil, sepintas mirip huruf B dalam posisi rebah, sebenarnya itu adalah logo gabungan dari 3 huruf yaitu : huruf B,M,W.



CHEVROLET

Semula Chevrolet Motor didirikan oleh Louis Chevrolet dan William Durant, yang kemudian diambil alih oleh General Motors Co. (GM)pada tahun 1917, namun keberadaan Chevy (sebutan pop Chevrolet) tetap dipertahankan dalam satu divisi GM, dengan maksud untuk melawan dan menyaingi mobil FORD.

Chevy menggunakan Bow-Tie (Dasi Kupu-kupu) sebagai Logo sejak tahun 1913. Logo Bow-Tie berasal dari William Durant, yang mengaku terinspirasi oleh corak wallpaper hotel tempatnya menginap di Paris. Namun versi lain mengatakan bahwa logo Bow-Tie adalah animasi dari bendera Swiss, negara kelahiran Louis Chevrolet.


Dalam perkembangannya logo ini mengalami beberapa kali evolusi terhadap bentuk dan warna namun tetap mempertahankan bentuk dasarnya, tahun 2004 hingga sekarang logo menggunakan warna emas yang menyiratkan Gold Standard. Hebatnya sampai saat ini Chevrolet merupakan merk yang menyumbang penjualan terbesar bagi Pabrikan General Motors Co.


********

** Disadur dari berbagai Sumber.

Tidak ada komentar:

FOLLOWER