10 Juli 2012

PARODI NASIONALISME



KEBIASAAN ORANG INDONESIA 
DI MATA ORANG JEPANG*

Dalam sebuah kesempatan ketika memberikan kuliah Intensive Course dalam bidang Asian Agriculture di IDEC Hiroshima University. Prof. Nagano (Beliau sering menjadi konsultan pertanian di negara-negara Asia, termasuk Indonesia), Staf pengajar Nihon University membagikan pengalamannya mengenai kebiasaan orang Indonesia yang cukup menggelitik sebagai berikut :

A. Suka Rapat dan Membentuk Panitia.

Setiap ada kegiatan, orang Indonesia selalu rapat terlebih dahulu, (tentunya dengan konsumsi), setelah rapat, dibentuklah berbagai macam kepanitiaan. Selanjutnya diskusi berulang kali, saling kritik, dan setiap orang merasa idenya yang paling benar, akhirnya, pelaksanaan tertunda, padahal tujuan program tersebut sebenarnya baik.

B. Budaya Jam Karet (BJK).

Jika ditanyakan, apa kebiasaan yang amat menonjol dalam keseharian ?, Prof. Nagano dan teman2 asingnya kompak menjawab : Jam karet ! kebiasaan mengulur-ngulur waktu merata diseluruh lini, dan dianggap hal yang lumrah dan tak perlu dirisaukan.

C. Menunda-nunda Pekerjaan.

Amat senang menunda-nunda pekerjaan, kalaupun dikerjakan namun tidak tuntas, selalu berdalih "kan masih ada hari esok !".

D. Tidak Mau Turun Ke Lapangan.

Beliau mencontohkan ketika Dia hendak memberikan pelatihan kepada para petani, pendamping beliau dari Direktorat Pertanian datang dengan safari, bahkan ada yang berdasi. Padahal Ia sendiri sudah datang dengan pakaian kerja serta sepatu bot. Pejabat2 tersebut hanya memberikan petunjuk tanpa turun ke sawah. Mengapa? Karena mereka datang dengan memakai safari dan dasi.

Mudah-mudahan koreksi dari Beliau menyadarkan kita dari "tidur panjang", merubah sikap, siap belajar dan bekerja keras agar menjadi bangsa yang maju. 



Lihatlah Bangsa Jerman, 2 kali luluh-lantak dalam Perang Dunia (PD - I & II) namun berkat kerja keras, Bangsa Jerman menjelma menjadi raksasa industri berat dunia.

Tengok pula Bangsa Jepang, hancur-lebur dalam Perang Dunia ke II, namun berkat kerja keras pula kini Bangsa Jepang sukses dalam industri otomotif dan elektronik.

Demikian pula halnya dengan Bangsa Korea Selatan, porak-poranda selama perang saudara, namun kini juga sukses dalam industri otomotif dan elektronik, bahkan dalam tahun 2012 ini sukses mengexport budaya populernya (K-Pop) ke dunia international, luar biasa.


Kini Giliran Kita, Ayo bangkit Indonesia, Kita Juga Pasti Bisa !!!.




* Disarikan dari : INI UNIC

Tidak ada komentar:

FOLLOWER