22 September 2012

ASTRONOMI PLANET


PERBANDINGAN BUMI 
DENGAN PLANET LAINNYA

Planet Bumi yang kita huni ini, dalam pandangan kita rasanya amat luas dan besar, namun Ilmu Astronomi Planet memperlihatkan bahwa sesungguhnya Planet Bumi "tidak ada apa-apanya" jika dibandingkan dengan planet-planet lain diluar susunan Tata-Surya kita.

A. Planet Bumi dalam susunan Tata-Surya

GAMBAR 1

Dalam susunan Tata-Surya, ukuran Planet Bumi masih lumayan jika dibandingkan dengan 4 planet kecil seperti : Pluto, Merkurius, Mars dan Venus.


GAMBAR 2

Namun jika dibandingkan dengan 4 planet lainnya, seperti : Neptunus, Uranus, Saturnus dan Jupiter, Planet Bumi terbilang kecil. Dalam susunan Tata-Surya Matahari adalah planet yang terbesar. Mataharilah yang menyinari semua planet dalam susunan Tata-Surya.


GAMBAR 3


B. Matahari Tata-Surya dengan planet lainnya.

Akan tetapi, apabila Matahari dibawa keluar dari Tata-Surya, dan dibandingkan dengan Bintang (planet besar) lain seperti : Sirius, Pollux, Arcturus (gambar 4), Rigel, Aldebaren, Betelgeuse, dan Antares (gambar 5) sepertinya Matahari amat tak berarti. 

GAMBAR 4


GAMBAR 5

Hingga saat ini, Antares adalah Bintang yang paling terang di angkasa raya. Akan tetapi sesungguhnya terdapat milyaran planet lain yang lebih terang (lebih besar) dari Antares, hanya saja belum terdeteksi secara akurat, bahkan satelit tercanggih sekelas Hubble pun belum mampu mengintipnya.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ternyata Bumi hanyalah setitik debu di alam semesta ini (apalagi Manusia). Oh Lord How Greatest You are !. 

Catatan :
Planet adalah benda-benda angkasa yang tidak memiliki cahaya sendiri, seperti : Bulan, Pluto, Bumi, Mars, Jupiter dll. Sedangkan Bintang adalah Planet besar yang memiliki cahaya sendiri, seperti : Matahari, Pollux. Arcturus, Antares dll.  


******

Sumber : 
1. www.picturepush.com
2. www.iniunic.blogspot.com

Tidak ada komentar:

FOLLOWER